Langsung ke konten utama

DATA FLOW DIAGRAM

 

DFD (Data Flow Diagram) merupakan alat bantu pembuat model yang mampu menggambarkan proses – proses dalam sistem tersebut berupa aliran – aliran data terkait input dan output dari setiap prosesnya.

Fungsi DFD :

1.      Menyampaikan racncangan system informasi

2.      Menggambarkan suatu system

3.      Perancangan model

Komponen DFD :

1.      Data Flow (aliran data)

·        Konsep paket dari data (packed of data)

·        Konsep arus data menyebar (diverging data flow)

·        Konsep aalira data mengumpul (converging data flow)

2.      Process dilakukan oleh mesin dengan mengubah input menjadi output dengan format yang berbeda.

3.      Simpan data (data store)

Simpanan data merupakan simpanan dari data yang dapat berupa sebagai berikut:

·      Suatu file atau database di sistem computer

·      Suatu arsip atau catatan manual

·      Suatu kotak tempat data di meja seseorang

·      Suatu tabel

4.      Kesatuan Luar (External enity)

Kesatuan luar merupakan kesatuan di lingkungan luar sistem yang dapat berupa manusia, organisasi atau sistem lainnya yang berada di lingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem.

Jenis-jenis DFD :

1.      Diagram level 0 (diagram konteks)

2.      Diagram level 1

3.      Diagram level 2

Cara membuat DFD :


Kelebihan DFD :

        Membantu kita untuk memahami fungsi dan batasan suatu sistem.

        Sebagai representasi grafis yang sangat mudah dipahami karena membantu memvisualisasikan konten.

        Mewakili diagram komponen sistem yang terperinci dan dijelaskan dengan baik.

Kekurangan DFD :

        Memakan waktu lama untuk membuat DFD.

        Sulit untuk melacak semua aliran data dalam sistem yang kompleks.

        Sulit untuk merepresentasikan semua aliran data secara akurat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Dasar Basis Data

Basis Data adalah suatu susunan atau kumpulan operasional data lengkap yang dikelola dan disimpan secara terintegrasi menggunakan metode dengan komputer, sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakainya. Sistem Basis Data adalah kumpulan dari program aplikasi yang berinteraksi dengan basis data dengan  Database Management System  (DBMS) dan basis data. Komponen Sistem Basis Data 1. Data 2. Perangkat Keras ( Hardware ) 3. Perangkat Lunak ( Software ) 4. Pemakai ( User ) Basis Data memiliki keuntungan dan juga resiko, diantaranya : Keuntungan Basis Data yaitu, pengambilan informasi dapat dilakukan cepat dan mudah ; dapat melakukan pengontrolan dan pengawasan data dengan mudah ; keamanan dan proteksi data dilengkapi  password  ; penyimpanan lebih efisien dan lebih hemat secara fisik maupun virtual. Resiko Basis Data yaitu, biaya yang dbutuhkan untuk membuat basis data yang tergolong mahal ; adanya individu baru yang belum mengerti rawa...

ERD (Entity Relationship Diagram)

  Entity Relationship diagram (ERD) merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi, biasanya oleh System Analys dalam tahap analisis persyaratan proyek pengembangan system. Sementara seolah-olah teknik diagram atau alat peraga memberikan dasar untuk desain database relasional yang mendasari sistem informasi yang dikembangkan. ERD bersama-sama dengan detail pendukung merupakan model data yang pada gilirannya digunakan sebagai spesifikasi untuk database. Komponen pembentukan ERD 1.       1.  ENTITAS (ENTITY) Suatu obyek yang dapat dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalam basis data. Contoh : mahasiswa, matkul, dosen, ruangan 2.       2.  HUBUNGAN (RELASI/RELATIONSHIP) Hubungan antara dua jenis entitas dan dipresentasikan sebagai garis lurus yang menghubungkan dua entitas. Contoh : Mahasiswa->Pergi<-Perpustakaan Derajat Relasi Atau Kardinalitas Rasio Menjelaskan jumlah maksim...

Sistem Informasi Kesehatanan, Sistem Keamanan Informasi Kesehatan dan Sistem Informasi Laboratorium Medik

  1.       Sistem Informasi Kesehatan Sistem informasi kesehatan adalah gabungan perangkat dan prosedur yang digunakan untuk mengelola siklus informasi (mulai dari pengumpulan data sampai pemberian umpan balik informasi) untuk mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan kinerja sistem Kesehatan. ·         Dasar Hukum a.          a.  Kepmenkes Nomor 004/Menkes/SK/1/2003 tentang kebijakan dan strategi desentralisasi bidang           kesehatan. b.       b.  Kepmenkes RI Nomor 511 tahun 2002 tentang Ke bijakan Strategi. Pengembangan Sistem                     Informasi Kesehatan Nasional (SIKNAS) dan Kepmenkes Nomor 932/Menkes/SK/VIII/2002 tentang           petunjuk pelaksanaan pengembangan sistem lapora...